Bagaimana kedudukan hak tagih kreditur perusahaan pembiayaan (khusus untuk sewa guna usaha dengan hak opsi) dalam suatu proses kepailitan?

Hak kepemilikan atas barang Leasing dalam skema sewa guna usaha dengan hak opsi memberikan kedudukan kepada perusahaan pembiayaan untuk menarik kembali barang modal dari penguasaan Lessee/Kurator kemudian menjualnya dan mengambil sendiri hasil dari penjualan barang modal tersebut untuk digunakan dengan cara mendahulukan dalam hal pembayaran.
Bahkan jika diperkirakan hasil penjualan atas barang modal tersebut tidak dapat menutupi seluruh utangnya, maka kreditur perusahaan pembiayaan dapat memintakan agar terhadap kekurangan tersebut diperhitungkan sebagai kreditur konkuren. Hal ini memberikan penegasan mengenai kedudukan yang diutamakan dari perusahaan pembiayaan atas barang modal tersebut. Perusahaan pembiayaan secara hukum berkepentingan agar tetap dapat mengeksekusi haknya sehingga kedudukan kreditur perusahaan pembiayaan tersebut dipisahkan dari kreditur lainnya, dan objek barang modal juga dipisahkan dari harta pailit